Monday, April 18, 2011

Pembangunan Lokasi Rumah Walet

Untuk Pemilihan lokasi dapat menggunakan Suara jenis test lokasi. Pengetesan lokasi dapat dilakukan pada waktu sore hari. Lakukan pengetesan berturut-turut beberapa hari untuk mengetahui apakah kedatangan populasi walet tersebut tetap setiap hari atau hanya terkadang saja. Untuk keperluan ini gunakan satu ataupun dua tweeter yang diikatkan diujung pipa ataupun bambu.

Kemampuan burung walet dalam menjelajah ke lokasi pakan relatif jauh bahkan berjarak puluhan kilometer, bukti bahwa walet tersebar di berbagai lokasi adalah ditemukanya koloni walet yang berterbangan pada pagi ataupun sore hari di berbagai tempat.
Koloni burung walet pada sore hari kembali ke tempat sarangnya baik ke rumah walet maupun kembali ke gua-gua.

Lokasi yang bagus untuk mendirikan rumah walet adalah:
1. Lokasi sentra walet (lokasi yang banyak rumah waletnya)
2. Lokasi lintasan walet (lintasan koloni walet menuju lokasi pakan)
3. Lokasi sumber pakan walet (bisa hutan ataupun persawahan yang subur).

Umumnya orang akan memilih lokasi yang memiliki peluang paling besar, yaitu sentra walet agar rumah walet yang dibangun segera dihuni burung walet.
Selain sentra walet lokasi yang banyak diminati adalah lokasi pakan, alasan pemilihan lokasi ini adalah jumlah populasi walet yang justru lebih banyak daripada sentra walet.
Hal ini dikarenakan lokasi sumber pakan didatangi oleh koloni walet dari berbagai sentra walet ataupun koloni walet yang mendiami gua.
Lokasi yang terahir yang masih diminati adalah lokasi lintasan koloni walet menuju sumber pakan. Umumnya lokasi yang dipilih berjarak berjarak sekitar 1 km dari lokasi sentra walet.
Dilihat dari hal tersebut diatas patut dipertimbangkan sebelum membangun rumah walet agar kerugian yang besar bisa dihindari.
(Sumber : http://www.kingwalet.com)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons