Sunday, April 17, 2011

Air Liur Menjadi Makanan


Nama cina dari sarang burung adalah yen wo(燕窝), diterjemahkan secara hurufiah sebagai burung walet = yen, dan sarang = wo. Ketika larut dalam air, sarang burung akan mempunyai tektur seperti gelatin yang sering digunakan untuk sop.


Sop sarang burung yang autentik terbuat dari sarang dari beberapa spesies walet, terutama dari walet sarang putih. Walet ini membuat sarangnya tidak dari ranting, bulu atau jerami melainkan dari air ludah mereka yang lengket. Yang kemudian mengeras ketika terkena udara. Sekali sarang itu diambil, sarang itu dibersihkan dan dijual ke restauran-restauran. Memakan sarang burung walet dipercayai bisa memperhalus kulit, menyeimbangkan enerji “chi” dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Itu juga dipercayai bisa memperkuat paru-paru dan mencegah batuk. Juga dipercaya bisa memperkuat tubuh dan memperpanjang umur. Nilai gisi dari 100gr sarang burung kering termasuk 49.9gr dari protein yang larut dalam air seperti : argine, humin, histidine, lysine dan cysteine, 30.6gr karbohidrat (glycoprotein dan mucin ), 4.9gr besi, 2.5gr garam anorganik seperti: potassium, sodium, calcium, sulfur, phosporus,silica dan elemen-elemen kecil lainnya dan 1.4gr serat.

Energi yang terkandung dalam 100gr sarang burung kering adalah 345 kcal. Sarang burung ini kerap disajikan dalam kaldu ayam. Meskipun ibu saya selalu menyajikan kepada keluarga kami hanya dengan ditambah gula.
Secara umum sarang burung dibagi 2 sarang burung rumah dan sarang burung gua, sarang burung rumah dimasak selama 0,5 jam sampai 1 jam, sementara sarang burung gua bisa sampai 4 jam.

Sarang burung ini populer di Asia , terutama di masyarakat china. Sarang burung juga sangat mahal, beberapa restauran barat juga menyajikan versi yang lebih murah dengan mi yang mirip dengan sarang burung asli.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons