Friday, April 15, 2011

Peluang Usaha Online Menjadi Affiliate

Peluang usaha online menjadi affiliate merupakan salah satu cara mencari uang di internet yang bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama bagi pemula, karena  anda tidak perlu membuat atau memiliki produk sendiri.
Secara umum pengertian affiliate marketer adalah orang yang menjualkan produk orang lain, apabila produk tersebut laku atau dibeli melalui referensi seseorang maka orang tersebut akan mendapatkan komisi. besarnya komisi dari peluang bisnis ini bervariasi tergantung pihak yang memiliki produk afiliasi tersebut.Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa contoh pihak yang menyelenggarakan afiliasi  terhadap produk yang dimilikinya.
*Program Affiliasi Internasional
1. Amazon.com, merupakan salah satu toko online terbesar di dunia. Terdapat banyak  produk dari berbagai kategori, dari yang bernilai kecil sampai yang bernilai ribuan dollar tersedia di sana. Untuk menjadi affiliate amazone anda bisa mendaftar ke alamat website berikut https://affiliate-program.amazon.com , kemudian klik ” Joint Now For Free”.
Setelah masuk kemudian isikanlah data yang perlukan sesuai dengan langkah-langkah yang tertera pada webiste tersebut.  Besarnya komisi pada amazone.com dapatkita pilih yaitu Classic Structure (komisi flat 4 %) dan Performance Structure (4~8.5% tergantung dari banyaknya penjualan, semakin banyak anda dapat menjual maka semakin tinggi komisinya).
Untuk pembayaran komisi terdapat dilakukan apabila telah mencapai minimal $100.Bagi affiliate marketer indonesia pembayaran menggunakan check yang dikirim ke alamat kita.
Cara mempromosikan produk amazone terdapat beberapa cara  yaitu
1. Memasang link,banner, widget pada blog atau website milik kita
2. Menggunakan Astore Amazone, yaitu layanan website toko online yang disediakan amazone secara gratis, kita bisa membuat toko online sendiri untuk memasarkan produk amazone, nama tokonya diawali dengan astore.amazone.com/Tracking ID milik anda.
3. Menggunakan Associate-O-Matic, yaitu layanan website toko online yang disediakan amazone. Layanan ini dibagi menjadi dua yang gratis dan yang berbayar, apabila menggunakan layanan membayar maka akan mendapatkan fiture yang lebih lengkap. Untuk layanan ini kita harus menggunakan domain dan hosting sendiri, keuntungannya adalah nama domain bisa kita tentukan sesuai keinginan kita sendiri, hal ini bisa berpengaruh dalam Searh Engine Optimazation apabila kita memakai nama domain yang tepat dan sesuai dengan target pasar yang kita tuju.
Hal yang perlu diperhatikan adalah sejak pertengahan tahun 2009 Amazone  melarang penggunaan iklan seperti google adword yang tertuju langsung ke affiliate link kita. Jika anda tertarik untuk belajar cara dapat uang menjadi affiliate amazone lebih spesifik lagi anda bisa bergabung di website tempat belajar affiliate amazone.
2. Clickbank.com, jika amazone menjual berbagai produk barang jadi, maka pada clickbank hanya menjual produk digital saja, artinya produk yang di jual pada situs tersebut cara penyampaian ke konsumen dengan proses download dari internet.
Komisi yang ditawarkan oleh clickbank cukup menggiurkan, bisa sampai 75 % dari harga produk yang kita jual. Jadi apabila sebuah produk clikbank seharga $100 kita jual maka komisi yang kita dapatkan adalah $75. Untuk pembayaran komisi dilakukan apabila telah mencapai minimal $100, pembayaran menggunakan check yang dikirim ke alamat kita.
Untuk mendaftar langsung saja menuju website clickbank.com, lalu click  “sign in”, setelah itu isikan data yang dierlukan sesuai langkah langkah yang tertera pada websitenya. Untuk memilih produk clickbank kita dapat mencarinya pada bagian market place, setelah kita menemukan  produk yang kita inginkan  akan diberikan link untuk mempromosikannya, nah metode promosinya bisa dengan beriklan di PPC seperti google adword, atau memasang link tersebut pada website yang anda miliki.
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan  untuk memilih produk clickbank diantaranya sebagai berikut:
1. Untuk pemula,  hindari produk yang berhubungan dengan “money making” “weightloss”, kenaps ?produk tersebut memang bnyak dibuthkan orang tetapi pesaing yang menjual roduk tersebut juga banyak, kita harus bersaing denganinternetmarketer handal.
2.  Cari produk yang $/sale minimalnya untuk satu produk $30, artinya anda akan mendapatkan komisi $30 jika berhasil menjual produk tersebut, hal ini pentng jika anda mempromosikan produk tersebut melalui iklan seperti  google adword, karena jika komisinya terlalau kecil, kemungkinan anda dapat tidak bisa menutup biaya pomosi
3. Cari produk  yang  gravitinya 25~75, semakin tinggi gravity mencerminkan semakin banyak produk yang dijual tetapi mencerminkan pula persaingan yang semakin tinggi diantara affiliate marketer, sebaliknya jika dibawah 25 produk yang terjual sangat sedikit dan anda akan kesulitan untuk menjualnya, jadi untuk pemula solusinya diambil yang pertengahan saja.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons