Saturday, April 16, 2011

Cokelat Kakao "komoditas perkebunan andalan ekspor non migas negara Indonesia"


Tanaman Cokelat Kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang merupakan salah satu andalan ekspor non migas negara Indonesia. Pada tahun 1997, ekspor kakao dari Indonesia diperkirakan telah mencapai US$ 378 juta. Walaupun nilai tersebut masih merupakan angka estimasi, namun nilai tersebut lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang mencapai US$ 377,5 juta. Sejak tahun 1995-2000 Indonesia merupakan pemasok terbesar nomor tiga di dunia setelah negara Cote d'Ivoire (Pantai Gading) dan Ghana.
Jenis kakao yang terbanyak dibudidayakan di Indonesia adalah jenis:
• Criollo (Criollo Amerika Tengah dan Amerika Selatan) yang menghasilkan biji kakao bermutu sangat baik dan dikenal sebagai kakao mulia, fine flavour cocoa, ckoiced cocoa atau edel cocoa.
• Forastero yang menghasilkan biji kakao bermutu sedang dan dikenal sebagai ordinary cocoa atau bulk cocoa.
• Trinitario yang merupakan hibrida alam dari Criollo dan Forastero sehingga menghasilkan biji kakao yang dapat termasuk fine flauour cocoa atau bulk cocoa. Jenis Trinitario yang banyak ditanam di Indonesia adalah hibrida Djati Runggo (DR) dan Uppertimazone Hybrida (Kakao lindak).

Klasifikasi botani tanaman kakao adalah sebagai berikut:
Divisi: Sperrnatophyta
Sub divisi: Angiosperrnae
Kelas: Dicotyledonae
Keluarga: Sterculiaceae
Genus: Theobroma
Spesies: Theobrorna cacao L.

PENANAMAN
Penanaman kakao tidaklah begitu rumit, cokelat ditanam di daerah.daerah yang berada pada 10 derajat LU sampai dengan 10 derajat LS. Hal tersebut berkaitan dengan distribusi curah hujan dan jumlah penyinaran matahari sepanjang tahun dengan curah hujan 1.100-3.000 mm/tahun. Suhu udara pun berpengaruh terhadap pertumbuhan cokelat antara 300-320 C (maksimum) dan 18-120 c (minimum) dengan syarat tidak terlalu banyak terkena sinar matahari yang dapat menyebabkan
lilit batang kecil, daun sempit dan tanaman relatif pendek sehingga berpengaruh terhadap kualitas cokelat tersebut.
Dalam pemilihan benih yang baik berasal dari buah berbentuk normal, sehat dan masak di pohon. Buah tersebut berwarna kuning, jika diguncang timbul suara dan jika diketuk dengan tangan timbul gema. Bibit yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain: a) Pertumbuhan bibit normal, yaitu tidak kerdil dan tidak terlalu jagur. b) Bebas hama dan penyakit serta kerusakan lainnya. c) Berumur 4-6 bulan.
Selanjutnya benih sebanyak 20-25 biji yang diambil dari buah yang dipotong membujur di bersihkan dari lendir yang melekat dengan meremas-remasnya dalam serbuk gergaji lalu dicuci dengan air dan direndam dengan fungisida. Benih dijemur di bawah sinar matahari. Benih yang baik memiliki daya kecambah sedikitnya 80%.
Sebelum dilakukan penanaman terlebih dahulu dilakukan penyemaian dengan menyiapkan lokasi bedengan persemaian yang telah dibersihkan dari pohon dan rumput serta batu dan kerikil. Ukuran bedengan 1,2 x 1,5 m panjang 10-15 m dan tinggi 10 clrr arah utara-selatan. Tanah bedengan dicangkul 30 cm, setelah dirapikan diberi lapisan pasir 5-10 cm dan tepi bedengan diberi dinding penahan dari kayu / bata bata. Bedengan diberi naungan dari anyaman daun alang-alang, kelapa / tebu dengan tinggi atap di sisi Timur 1,5 m dan di sisi Barat 1,2 m.
Sebelum disemai benih dicelup ke dalam formalin 2,5% selama 10 menit. Benih dibenamkan (mata benih diletakkan di bagian bawah) ke dalam lapisan pasir sedalam 1/3 bagian dengan jarak tanam 2,5 x 5 cm. Segera setelah penyemaian, benih disiram. Penyiraman selanjutnya dilakukan dua kali sehari dan disemprot insektisida jika perlu. Keping blji terbuka tidak serentak sehingga perlu dibantu dengan tangan. Setelah 4 hari di persemaian benih sudah berkecambah dan siap dipindahtanamkan ke polybag. setelah berumur 4-5 bulan, tinggi 50-60 inch, berdaun 20-45 helai dengan sedikitnya 4 helai daun tua, diameter batang 8 mm dan sehat maka bibit tersebut siap untuk ditanam Dengan jarak tanam 3 x 3 m, kebutuhan bibit untuk satu hektar adalah 1.100 pohon s/d 1250 batang termasuk untuk penyulaman.
Lahan yang digunakan untuk penanaman harus terlindung dari sinar matahari dengan dilindungi oleh tanaman lainnya seperti pohon pelindung sementara.yang diperlukan untuk melindungi tanaman kakao muda (belum berproduksi) dari tiupan angin dan sinar matahari. Jenis pohon yang dapat ditanam adalah pisang (Musa paradisiaca), turi (Sesbania sp.) , Flerningia congesta atau Clotaralia sp atau dengan pohon pelindung tetap dimana pohon ini harus dipertahankan sepanjang hidup tanaman kakao dan berfungsi sebagai melindungi tanaman kakao yang sudah produktif dari kerusakan sinar matahari dan menghambat kecepatan angin. Jenis pohon yang cocok adalah lamtoro (Leucena sp.), sengon Jawa (Albizia stipula), Dadap (Erythrina sp.) dan Kelapa (Cocos nucifera). Pohon pelindung tetap ditanam dengan jaraktanam 6 x 3 m.
Untuk tanaman kurang dari 2 bulan, penyinaran matahari hanya diperlukan 20%-30% penyinaran, 3 bulan diperlukan 30%- 40%, umur 4 bulan 50% - 70% dan lebih besar dari 5 bulan diperlukan persentase penyinaran 70%. Disamping itu perlu dilakukan pemupukan yang mengandung unsur-unsur Nitrogen, Phospat dan Kalium dalam jumlah yang cukup banyak dan unsur-unsur mikro lainnya yang diberikan dalam jumlah kecil. Jenisnya adalah pupuk urea atau ZA (Sumber N), Triple Super Phospat Gsp) dan KCl. selain penggunaan pupuk tunggal, di pasaran juga tersedia penggunaan pupuk majemuk, yang mana pupuk tersebut berbentuk tablet atau briket dan di dalamnya selain mengandung unsur NpK juga unsur-unsur mikro. Pupuk diberikan sebanyak 2 s/d 3 kali setahun, diletakan di dalam tanah (sekitar 10-20 cm dari permukaan tanah) serta dilakukan penyebaran disekitar tanaman.
HAMA DAN PENYAKIT
Biasanya tanaman cokelat sering kali terserang hama dan penyakit sebagai berikut:

HAMA
1. Penggerek cabang (Zeuzera coffeae) Bagian yang diserang adalah cabang berdiameter 3-5 cm. Gejala: cabang mati atau mudah patah. Pengendalian: membuang cabang yang terserang, kemudian dengan predator alami: jamur Beauueria bassiana.
2. Kepik penghisap buah kakao (Helopeltis sp.) Bagian yang diserang buah dan daun muda, kuncup bunga. Gejala: bercak kakao kehitaman berbentuk cekung berukuran 3-4 mrr-. Pengendalian: membuang bagian yang terserang. Predator: belalang sembah, kepik predator. Selain itu gunakan insektisida Baytroid 50EC, Lannate 25WfP, Sumithion 50 EC, Leboycid 50 EC, Orthene 75 SP.
3. Penggerek buah kakao (Conopomorpha crarnerella atau Cocoa Mot.) Bagian yang diserang adalah buah kakao. Gejala: daging buah busuk. Pengendalian: membuang dan mengubur buah sisa panen dengan serempak, menutupi buah dengan kantung plastik dengan lubang di bagian bawah.
4. Kutu putih (Planococcus citri.) Bagian yang diserang adalah tunas, bunga, calon buah. Gejala: timbul tunas tumbuh tidak normal (bengkok). Selain itu terlihat pertumbuhan bunga dan calon buah tidak normal. Pengendalian: gunakan insektisida berbahan aktif monokrotofas, fosfamidon, karbaril.
5. Ijlat kantong (Clania sp., Mahasena sp.) Bagian yang diserang adalah daun dan tunas. Gejala: tanaman gundul dan kematian pucuk. Pengendalian: dengan parasit Exoresta uadrimacuIata, Tricholyga psychidarum Selain itu dapat digunakan insektisida racun perut, Dipterex dan Thuricide.
6. Kutu jengkal (Hyfosidra talaca.)
Bagian yang diserang adalah daun (muda dan tua). Gejala: habisnya helaian daun, tinggal tulang daun saja. Pengendalian: gunakan insektisida Ambush 2 EC, Sherpa 5 EC (0,15-0,zyo).

PENYAKIT
1. Busuk buah hitam
Penyebab: Phytopthora palrniuzra . Bagian yang diserang adalah buah. Gej ala: bercak kakao di titik pertemuan tangkai buah dan buah atau ujung buah. Gejala pada serangan berat adalah buah diliputi miselium abu-abu keputihan. Pengendalian: dengan cara buah yang sakit diambil, kurangi kelembaban kebun dengan cara pemangkasan. Selain itu gunakan insektisida dengan bahan aktif Cu: Cupravit 0,3% atau Cobox 0,3 atau insektisida bahan aktif Manko zeb: Dithan M-45 dan Manzate 200 0,3o/o dengan interval minggu.
2. Kanker batang
Penyebab : Phytopthora pal-rniuora. Bagian yang diserang adalah batang. Gejala: bercak basah berwarna tua pada kulit batang atau cabang keluarnya cairan dari batang atau cabang yang akan mengering dan mengeras. Pengendalian buah yang sakit diambil, kurangi kelembaban kebun dengan cara pemangkasan. Selain itu gunakan fungisida dengan bahan aktif Cu: Cuprav 0,3o/o atau Cobox 0,3o/o. atau ungisida bahan aktif Manko zeb: Dithane M-45 dan Manzate 200 0,3 dengan interval 2 minggu. Keroklah bagian yang sakit dan mengolesinya dengan fungisida.
3. Busuk buah diplodia
Penyebab : Botrydiplodia theobramae jamur Bagian yang diserang buah. Gejala: bercak kek kaoan pada buah, lalu buah menghitam menyeluruh. Pengendalian: cegah timbulnya luka, buah yang sakit dibuang. Kemudian gunakan fungisida dengan bahan aktif Cu: Vitigran Blue, Trimiltc Forte, Cupravit OB pada konsentrasi 0,3o/0.
4. Vascular Steak Dieback (VSD)
Penyebab: Oncobasidiurn tkeobrornae (amur Bagian yang diserang adalah daun, ranting/c bang. Gejala: bintik-bintik kecil hijau pada daun terinfeksi dan terbentuk tiga bintik kekakaoa kulit ranting / cabang kasar, pucuk mati (di back). Pengendalian: gunakan bibit bebas VSI perhatikan anitasi tanaman, kurangi kelembaban dan tingkatkan intensitas cahaya matahari dengan memperbaiki drainase dan pemupukan.
5. Bercak daun, mati ranting dan busuk buah
Penyebab: Colletorickurn sp. (amur). Bagian yang diserang adalah daun, ranting, buah. Gejala bercak nekrotik pada daun, daun gugur, pucuk mati, buah muda keriput kering (busuk kering). Pengendalian: peningkatan sanitasi, memotong ranting dan buah yang terserang, pemupukan berimbang dan perbaikan drainase. Kemudian gunakan fungisida sistemik Karbendazim 0,5 dengan interval 10 hari.
6. Busuk buah monilia
Penyebab: Monilia roreri (amur). Bagian yang diserang buah muda. Gejala: benjolan dan warna belang pada buah berukuran 8-10 cffi, penumpukan lendir di dalam rongga buah, dinding buah mengeras. Pengendalian: menurunkan kelembaban udara dan tanah, membuang buah rusak. Kemudian gunakan fungisida dengan bahan
aktif cu: cobox 0,9%, cupravit 0,3 % selama 34 minggu.
7. Penyakit akar
Penyebab: Rosellinia arcwata R bwrnnodes, Rigidoporus liginosws, Ganoderrna psewd,oerrurn, Fornes larnaoensis (amur). Bagian yang diserang adalah akar. Gejala: daun menguning dan layu, pada leher akar/pangkal batang terdapat miselium. Pengendalian: pembu atan parit isolasi di sekitar tanaman terserang pemusnahan tanaman sakit. Kemudian oleskan fungisida pada permukaan akar yang lapisan miseliumnya telah dibuang. Fuungisida dengan bahan aktif pNCB:
Fomac 2, Ingro Pasta, shell collar protectant, Calixin Cp.

PETNANENAN
l. Pemetikan Buah
Buah yang sudah masak dipetik dengan menggunakan pisau atau gunting tanaman. Jumlah biji dalam buah berkisar antara20 - 60 biji. Di Sulu*.ii Selatan, untuk mendapatkan 1 kg blji kakao kering itikadar air 8 - 7yl diperlukan sekitar 25 - 35 buah,rnkno. Produksi tanaman ditentukan oleh tingkat kesuaian lahan. Tlngkat kematangan buah dapat dilihat dari perubahan warna buah, yaitu jika alur buah sudah berwarna kuning, maka tingkat kematangannya *ri'nlah c, sedangkan jika alur dan punggung buah berubah kuning, tingkatannya B. Jika seluruh permukaan buah sudah berwarna kuning atau kuning Mffi- maka tingkat kematangannya adalah A dan A+.
Fada umumnya petani sudah memanen buah kakao @a tingkat kematangannya sekurang-kurangnya mncatr ts" Pemetikan buah pada umumnya dilakukan pada pagi hari. Buah-buah tersebut kemudian dikumpulkan di suatu tempat menunggu untuk pecahkan. Kegiatan tersebut dikenal dengan pemeraman ,hillah"
2. Pemecahan Buah
Buah yang sudah terkumpul kemudian dipecahkan dengan alat pemukul yang terbuat dari kayu. Buah tersebut dipukul dengan punggung dengan arah miring. Bila kulit telah terbagi dua, kulit bagian ujung dibuang dan tangan kanan menarik biji dari placenta. Biji kemudian ditempatkan di atas lembaran plastik atau di dalam keranjang bambu. pada prinsipnya blji basah ini sudah dapat dijual langsung ke pasar. Namun demikian harga biji basah atau fermentasi tidak sempurna, rendah harganya.
3. Fermentasi
Fermentasi bjji kakao dimaksudkan untuk mematikan lembaga biji agar tidak dapat tumbuh dan menumbuhkan aroma yang khas coklat. Fermentasi dilakukan di dalam suatu wadah /kotak kayu yang mana tebal tumpukan brji tidak boleh lebih dari 41cm. Fermentasi yang sempurna dilakukan dalam waktu 5 hari, dimana pada hari kedua harus dilakukan pengadukan /pembalikan. Sesudah itu biji dibiarkan dalam tempat fermentasi sampai hari kelima. Selama proses fermentasi sebagi an air yang terkandung dalam biji akan hilang dan aroma seperti asam cuka akan keluar dari tempat fermentasi. Biji yang sudah difermentasikan kemudian diangin-anginkan
sebentar atau direndam dan dicuci sebelum dikeringkan.
4, Perendaman dan Pencucian
Perendaman mempunyai pengaruh terhadap proses pengeringan dan rendemen. selama proses perendaman berlangsung, sebagian kulit brji kakao terlarut sehingga kulit bijinya lebih tipis dan rendemennya berkurang. Dengan demikian proses pengeringan menjadi lebih cepat. Sesudah perendaman, dilakukan pencucian. Tujuan pencucian untuk mengurangi sisa-sisa pulp yang masih menempel pada blji dan mengurangi rasa asam pada brji bila kulit biji masih ada sisa-sisa
pulp, blji mudah menyerap air dari udara sehingga mudah terserang jamur dan juga memperlambat proses pengeringan.
5. Pengeringan
Tujuan pengeringan adalah untuk menurunkan kadar air biji dari 60%sampai pada kondisi dimana kandungan air dalam blji tidak dapat menurunkan kualitas biji dan biji tidak dapat ditumbuhi cendawan. Pengeringan yang terbaik adalah dengan sinar matahari. Untuk mengeringkan biji sampai pada kadar airnya mencapai 1%-8%diperlukan waktu 2 - 7 hari, tergantung dari kondisi cuaca. Jika cuaca tidak memungkinkan, pengeringan dapat dilakukan denganalat pengering buatan.
(Source :  http://petanitangguh.blogspot.com)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons